17 Tempat Makan Enak di Pontianak dan Singkawang (part 3)

Bagian terakhir dalam edisi tempat makan enak di Pontianak dan Singkawang.



13. Bakmi Kepiting Oukie-Abu, Pontianak
Bakmi Kepiting khas Pontianak. Walau namanya Bakmi Kepiting dan isinya keliatannya olahan seafood aja, jangan tertipu dengan namanya. Biasanya -- but not always -- Bakmi Kepiting Pontianak atau Singkawang itu mengandung minyak babi. Jadi walaupun bentuk babinya ga keliatan, harap selalu pastikan ke penjualnya bahwa ini halal (atau liat tulisan HALAL yang biasanya ditulis di depan toko) -- bagi kalian yang ga bisa makan babi. Tapi jika kalian bebas makan apa saja, Bakmi Kepiting adalah makanan wajib banget di Pontianak atau Singkawang.

Tekstur mie-nya lembuttt banget. Lalu topping-nya juga ga overhauling the bakmi. Rasanya jadi saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Di Bakmi Kepiting Oukie-Abu ini sendiri menyediakan dua jenis bakmi: kering dan basah. Kalau kering ya seperti penampakan di foto tengah, sementara kalau basah seperti penampakan di foto sebelah kanan. Gue pribadi lebih suka yang kering, karena yang basa bikin rasanya ilang. Mie enak jadi ga enak gitu.



14. Bubur Ikan Ahian, Pontianak
Awalnya gue hampir mau bete karena bikinnya lama banget, sister! Tapi pas dateng, OMG. Pingin nangis rasanya. Rasanya ENAK BANGET! Not that kind of enak yang full of bumbu gitu, tapi enak yang bikin badan anget, hati nyaman, dan perut senang. The kind of enak buat kalian yang lagi ga enak badan, makan ini, terus badan rasanya jadi enakan. The kind of enak yang walaupun kalian makan ini tiap hari, kalian ga akan bosen. Well, at least gue ga akan bosen.

Definitely the highlight of the trip.



15. Ngopi di Warung Kopi Asiang dan Suka Hati, Pontianak
Warung Kopi Asiang terkenal dengan "Engkohnya yang suka ga pake baju". Sementara Warung Kopi Suka Hati terkenal akan roti srikaya dan pisang gorengnya. Jadilah di hari terakhir kami di Pontianak, kami back to back ngopi di Asiang dan Suka Hati.

Warung Kopi Asiang meninggalkan kesan yang amat sangat mendalam buat kami waktu itu. Tempatnya RUAME BANGET BENERAN. It was like more than 100 people ada di sana. Dempet-dempetan, ngerokok, dan berisik banget. TAPI, apa yang dilakukan enci-enci dan mbak-mbak-nya bener-bener bikin kami merasa nyaman.

Melihat tiga cewe putih-putih (yang terlihat polos tapi sebenernya preman) kepanasan karena duduk persis di bawah matahari, mereka dengan begitu perhatiannya berkali-kali menawarkan kami untuk pindah ke lantai atas yang ber-AC. Tapi kami tetap insist untuk duduk di luar dan menikmati mentari yang bersinar.

Kami pun memesan es kopi susu untuk menyegarkan hari, dan ternyata es kopi susunya enak banget! Agak beda dengan es kopi susu khas Medan atau Kopitiam yang rasanya agak kenceng dan asem, kopi Kalimantan rupanya tetep strong, tapi after-taste-nya alus banget. Gue pun bungkus bawa pulang satu plastik kopi bubuknya, dan sejak saat itu, Kopi Asiang menjadi kopi hitam favorit gue untuk diseduh di kantor.

Loc Warung Kopi Asiang: https://goo.gl/maps/L8Rc4LkREGN2


16. Es Krim Angi, Pontianak
Another sweet treat before we went home, Es Krim Angi khas Pontianak ini unik banget. Disajikan di batok kelapa sebagai wadahnya, es krimnya lembut banget dan ga terlalu manis. Tempatnya pun lumayan asyik buat kongkow-kongkow sambil menikmati jajanan tradisional lainnya yang juga dijual di sana.



17. Nasi Ayam Asan 333, Pontianak
Bagi kalian yang suka makan nasi campur non-halal, kalian tidak boleh melewatkan makan nasi campur ketika di Pontianak. 

Nasi campur di Pontianak suka disebut juga sebagai "nasi ayam", seperti Nasi Ayam Asan 333 ini. Tapi sebetulnya, isinya bukan hanya ayam. Jadi bagi kalian yang tidak makan babi harus lebih hati-hati ketika menemukan restoran yang menjual menu "nasi ayam" ya. Tanya-tanya dulu sebelumnya.

Nasi campur khas Pontianak memiliki ciri khas tersendiri, yaitu disiram kuah kental bening agak manis, serta disajikan bersama kuah sayur asin. Biasanya, rumah makan yang menyediakan nasi campur ini juga menjual nasi kare khas Pontianak.

Rasanya ga usah ditanya, dijamin enak pastinya! Gurihnya topping babi yang melimpah ruah bercampur dengan manisnya kuah kental, makin nikmat jika kita memakannya sambil nyeruput kuah sayur asin yang menyegarkan. Yummm!


**********

Nah, itu dia 17 tempat makan enak yang bisa kalian temui di Pontianak di Singkawang! Yang pasti, setelah kunjungan gue ke Pontianak kemarin, makanan Pontianak telah masuk ke dalam teratas makanan favorit gue. Makanannya begitu hearty, humble, full of flavor, yet still feels healthy. Mirip banget sama karakter masakan Vietnam yang juga gue suka.

Buat kalian yang mau ke Pontianak dan Singkawang juga untuk wisata kuliner, ga usah ribet-ribet bookmark tempat-tempat yang gue sebutin di atas di peta, karena gue sudah menyediakannya untuk kalian melalui tautan di bawah ini. Sesampainya di sana, tinggal liat deh mana yang terdekat dari lokasi kalian! 

Google Maps Pontianak https://goo.gl/maps/omW8TGqs7xD2
Google Maps Singkawang https://goo.gl/maps/Yycm1YRuZGo

Selamat makan enak di Pontianak!

Share:

0 comments