9 Makanan yang Harus Dicoba di Saigon, Vietnam

Jika Anda hanya mengenal makanan Vietnam sebatas Pho atau Banh Mi, maka Anda melewatkan banyak kelezatan khas lainnya dari negara ini.

Ho Chi Minh City, atau yang lebih dikenal dengan nama Saigon, adalah kota terbesar di Vietnam yang terkenal akan makanannya. Dalam perjalanan saya selama 4 hari 3 malam ke Ho Chi Minh City tahun lalu, saya mengikuti sebuah food tour dan mencoba 24 makanan Vietnam yang membuat saya jatuh cinta pada makanan Vietnam hingga sekarang.

Jika Anda berencana ke Ho Chi Minh City dalam waktu dekat, Anda wajib mencoba 9 makanan ini.

1. Bún Chả
Bún Chả adalah bihun rebus yang disajikan dengan daging panggang (kalau di Vietnam biasanya disajikan dengan babi panggang), beragam sayuran yang digunakan untuk membungkusnya, dan saos khas Vietnam yang manis nan menyegarkan. Di samping itu, Anda bisa sekaligus memesan Cha Gio atau lumpia goreng khas Vietnam yang nikmat sekali.


Coba makan Bún Chả di salah satu tempat terbaiknya:
Bún Chả Hà Nội 26 8a/9c2 Thái Văn Lung, Bến Nghé, Quận 1 Buka dari pk 06.00-20.00


2. Món gỏi đu đủ
Món gỏi đu đủ adalah salad pepaya muda yang diiris tipis-tipis, disajikan bersamaan dengan kacang tanah, kerupuk khas Vietnam, dan juga beragam daun-daunan khas Vietnam lainnya. Setelah itu, lagi-lagi saus khas Vietnam yang begitu menyegarkan digunakan yaitu untuk menyiram salad ini.

Penjual Món gỏi đu đủ yang paling terkenal di Ho Chi Minh City berada di Le Van Tam Park. Tidak ada restoran atau gerobak di sana, hanya seorang ibu yang berjualan dibantu dengan beberapa staff-nya, membawa beberapa bakul berisikan semua bahan-bahan salad ini, dan beberapa payung untuk berteduh. Harganya? Hanya 20.000 Dong atau sekitar Rp12.000.


3. The Lunch Lady (Nguyen Thi Thanh)
The Lunch Lady terkenal sejak kios makannya didatangi oleh Anthony Bourdain, chef terkenal dari Amerika Serikat. Keunikan dari The Lunch Lady adalah ia memasak menu yang berbeda setiap hari dan tentunya semuanya lezat-lezat!

Temui Lunch Lady – yang masih berjualan setiap harinya – di Hẻm D Chung Cư Nguyễn Đình C, Đa Kao, Quận 1, mulai pk 11.00 hingga pk 15.30 saja. Jika Anda tertarik untuk mencoba masakannya, Anda bahkan bisa membeli buku resep masaknya, lengkap dengan tanda tangan langsung dari Sang Lunch Lady.


4. Banh Mi
Banh Mi adalah salah satu makanan khas Vietnam yang juga terkenal di Indonesia selain Pho. Sandwich khas Vietnam ini menggunakan Vietnamese Baguette yang lembut yang diisi beragam olahan daging (mulai dari sapi, ayam, hingga babi), irisan zucchini, acar wortel, irisan lobak, pâté, serta nước chấm atau saus khas Vietnam.

Ada tiga penjual Banh Mi yang terkenal, yaitu Huynh Hoa Bakery yang terletak di 26 Lê Thị Riêng, Phường Phạm Ngũ Lão, Quận 1 dan buka pk 14.30-23.00, Bánh Mì Hồng Hoa yang berada di 62 Nguyễn Văn Tráng, Phường Phạm Ngũ Lão, Quận 1 dan buka pk 05.00-21.00, serta Banh Mi Hoa Ma yang dapat ditemukan di 53 Đường Cao Thắng, Phường 3, Quận 3 dan buka pk 06.00-11.00. Harganya bervariasi, tapi berkisar antara 25.000 Dong hingga 75.000 Dong. Mana yang lebih enak? Tergantung selera Anda.


5. Pho
Pho, sup bihun dengan daging, makanan Vietnam yang paling terkenal di kalangan wisatawan Indonesia. Ciri khas Pho adalah kuahnya yang begitu meresap, hasil rebusan tulang dan daging sapi selama berjam-jam. Biasanya, Pho disajikan dengan sepiring penuh sayur-sayuran segar, tauge, potongan cabe, serta saus Hoisin.

Tempat Pho yang paling terkenal di Saigon adalah Pho Le yang memiliki dua cabang, yaitu terletak di 413-415 Nguyễn Trãi, Phường 7, Quận 5 (buka pk 06.00-01.00) dan di 303-305 Võ Văn Tần, phường 5, Quận 3 (buka pk 07.00-22.30).


6. Bún bò Hue
Bún bò Hue sebetulnya mirip sekali dengan Pho. Yang membedakan hanyalah kuahnya yang merupakan campuran pedas, asam, asin dan manis, dengan rasa serai yang kuat. Anda bisa mencoba Bún bò Hue di Bún bò Chú Há yang beralamat di 300 Võ Văn Tần, Phường 5, Quận 3 dan buka pk 07.00-22.00.


7. Xôi Gà
Xôi Gà memiliki bahan yang sama seperti lemper di Indonesia, yaitu nasi ketan dan suwiran ayam. Bedanya, Xôi Gà disajikan menumpuk seperti nasi, dan bukan dibungkus seperti lemper, dan ditambah bawang goreng di atasnya. Mungkin terlihat sederhana, tapi percayalah.. begitu Anda mencobanya, Anda akan ingin kembali makan lagi, seperti saya waktu itu.

Rasakan Xôi Gà terbaik di Quán Xôi Gà Number One, 21 Nguyễn Trung Trực, Phường Bến Thành, Quận 1. Quán Xôi Gà Number One buka pk 09.00-21.00. Jangan lupa pesan juga segelas Es Kopi Hitam khas Vietnam yang bisa saya nobatkan sebagai yang terbaik dari sekian banyak Es Kopi Vietnam yang saya coba selama saya di sana.


8. Bún Chả Giò
Bún Chả Giò mirip dengan Bún Chả yang ada di nomor satu, tapi dengan penyajian yang berbeda. Bún Chả Giò disajikan di mangkuk yang berisikan bihun, sayur-sayuran, irisan zucchini dan wortel, daging (bisa ayam, sapi, atau babi), kacang-kacangan, lumpia goreng, dan disiram dengan nước chấm atau saus khas Vietnam.

Saya mencoba Bún Chả Giò di Như Lan bakery (50 Hàm Nghi, Bến Nghé, Quận 1), dan sejak saat itu, Bún Chả Giò adalah makanan khas Vietnam andalan saya yang hampir selalu saya makan ketika makan di restoran Vietnam manapun di Jakarta.


9. Cúc Chiên
Kata orang, “save the best for the last”, dan buat saya, Cúc Chiên adalah salah satu makanan terenak yang pernah saya makan seumur hidup saya.

Cúc Chiên adalah burung puyuh goreng yang dimakan dengan baguette khas Vietnam dan dicocol dengan racikan saus yang luar biasa enaknya. Ketika tiba di restoran yang menyajikan makanan ini, perut saya berada dalam kondisi sangat kekenyangan setelah makan 5 menu makanan sebelumnya. Tapi begitu baguette dan burung puyuh goreng itu tiba di mulut saya… saya lupa rasa kenyang itu pernah ada. Saya makan dengan lahapnya, karena rasanya begitu luar biasa.

Buktikan sendiri kelezatannya di Cút Chiên Bơ Cô Năm yang berada di 54 Đồng Nai, Cư xá Bắc Hải, Phường 15, Quận 10.


Itulah sembilan makanan yang akan membuat Anda jatuh cinta dengan makanan khas Vietnam. Siap untuk mencobanya langsung di tempat terbaiknya di Ho Chi Minh City?


Telah ditulis sebelumnya di Skyscanner.

Share:

0 comments