[UPDATED] 12 Hotel Lucu di Bandung


Bandung jadi destinasi liburan favorit sejuta umat, terutama umat-umat di Jakarta. Tiap wiken, jalan-jalan di Bandung pasti dipenuhi dengan mobil-mobil ber-plat B. Makanya, ga heran kalo semakin hari makin banyak aja hotel-hotel baru bermunculan di Bandung untuk "menampung" manusia-manusia yang butuh tempat untuk beristirahat pada malam harinya. Dan yang bikin seneng, entah mengapa di Bandung itu banyak banget bermunculan hotel-hotel lucu. Mungkin karena daerahnya daerah seni dan walikotanya juga gokil kali ya? *ga nyambung woy*

Nah, dari sekian banyak hotel di Bandung, gue mau share 10 hotel lucu terbaik yang sudah pernah dan pengen banget gue coba karena lucunya. *yeah I know ini kalimat redundant tapi ini untuk penekanan bahwa hotel-hotel ini memang lucu dan coba-able banget*.

Oh I LOVEEEEE Sayana so much! Gue sampe udah kayak duta Sayana aja. Tiap ada orang yang nanya rekomendasi hotel enak di Bandung, I would definitely say “Sayana”. It’s that good, you know.

Sayana sebetulnya rumah, bukan hotel. Kalo bahasa jeleknya bahkan biasa disebut “guest house”. Tapi, Sayana bukan guest house biasa. Sayana adalah guest house yang bener-bener enak dan bikin lo bener-bener nyaman, senyaman (atau bahkan lebih nyaman dari) rumah lo sendiri. Highlight terbesar tentunya adalah: penjaga rumah yang super ramah (bahkan kadang kelewat ramah hingga lo merasa ngga pantas untuk diperlakukan seramah itu), design yang super kece, dan kasurnya. Oh, kasur dan bantal Sayana favoritku.

UPDATE:
Sayangnya, sekarang (tahun 2016), Sayana sudah ditutup untuk umum, hiks.




The Sayana Bed & Breakfast
Address: Jl. Buton No. 14 (Jalan Veteran)

2. Oliver’s Hostelry (PERNAH)
Hotel ini baru berusia beberapa bulan saja, tapi sudah jadi favorit banyak turis yang lagi main-main ke Bandung. Masih sodaraan sama Stevie G, anaknya Maja Group, tapi gue ngerasa Oliver’s jauh lebih menyenangkan dari kakaknya. Tempatnya lebih enak (akses ke arah sananya ga jelek jalanannya), lokasinya di daerah Ciumbuleuit, berada di antara rumah-rumah penduduk, sehingga rasa nyamannya lebih terasa ketimbang si kakak yang emang feel-nya hotel banget.

Worth to mention: their breakfast in bed atau breakfast unyu kalo lo mau makan di eating area-nya.






Olivers Hostelry
Jl. Panumbang Jaya No. 5, Ciumbuleuit

Hotel ini muncul persis setelah gue balik banget dari kunjungan terakhir gue ke Bandung bulan November kemarin. Jadi belum sempet nyoba deh. Cuma kalo diliat dari foto-fotonya sih Summerbird juga nyaman banget, dengan design minimalis dan warna biru-kuning pastel yang bikin sejuk, mengingatkan gue akan Greenhost Boutique Hotel Jogja. Harga per malamnya pun tergolong ga terlalu mahal, hanya sekitar Rp 400-500rb saja. Walau baru, tapi Summerbird udah mulai rame nih, makin banyak yg nginep di sana.




Summerbird Bed and Brasserie
Jalan Ksatriaan no. 11, Bandara Bandung

Cottonwood bisa dibilang adalah pionir hotel lucu di Bandung, bareng sama Stevie G yang sama-sama mengusung konsep hotel bertema. Lokasinya sebetulnya agak kurang asik, karena agak jauh dari pusat kota, di Pasteur tepatnya. Tapi hotel ini terletak di dalam perumahan, sehingga terhindar dari kebisingan Jalan Djunjunan yang muacetnya semrawut itu. Nyaman deh, kayak kos-kosan bagus gitu. Selain itu, Cottonwood sekarang juga punya café persis di bawahnya, asik buat foto-foto juga.




Cottonwood Bed & Breakfast   
Kompleks Kumala Garden Blok B2 No. 1A, Jalan Mustang, Sukawarna, Sukajadi

5. Noor Hotel (MAU)
Noor mungkin ga cocok untuk semua orang. Mungkin, Noor lebih cocok untuk perempuan karena design interiornya yang bergaya klasik bak Ratu Inggris gitu kali ya. Didominasi warna biru pastel dan putih, Noor terlihat glamor dan mahal dengan harga yang cukup mengejutkan. Cuma Rp 500-600rb semalem, bruh.




Noor Hotel
Madura Street No. 06, Riau

Breeze tergolong tidak terlalu populer dibanding hotel lucu yang lainnya. Kenapa? Soalnya harganya mahal. Satu jutaan lebih per malamnya. Ya dengan harga segitu, gue pikir orang akan lebih memilih untuk menginap di hotel ternama seperti Hilton, Sheraton, atau Intercontinental. Ya ngga sih? Tapi, Breeze yang terletak di sebuah komplek perumahan di daerah Sersan Bajuri ini memiliki design yang tergolong fancy, tapi tetap classy. Ada penggabungan elemen tradisional dan modern, serta beberapa karya seni di dalamnya. Liat deh, menarik kan?




Breeze Bandung Art and Boutique Hotel
Komplek Pondok Hijau Permai Blok I No. 11, Sersan Bajuri, Setiabudi

Tibera sebetulnya tidak istimewa. Tapi yang membuat gue memasukkan hotel ini di dalam list ini adalah karena Tibera punya kolam kecil di tengah hotel mereka yang bikin gue teringat akan Sayana, hahaha. Dan kolam kecil itu menimbulkan kesan nyaman bagi hotel kecil ini.


Tibera Hotel
Jl. Taman Cibeunying Selatan No 7, Riau

Berlokasi agak tersembunyi di sepanjang Jalan Dago, The Silk semacam “tertutup” pesona Sheraton yang berada tak jauh darinya. Mengklaim dirinya sebagai hotel art dan design, The Silk menawarkan beberapa jenis kamar dengan dua jenis design yang berbeda. Ada design yang biasa saja, ada design yang bergaya pop-art. Tapi yang gue suka adalah area lobby, restoran, dan café-nya yang memadukan elemen tradisional dan modern. Unik!

UPDATE:
There were 2 drawbacks:
1. It was a bit noisy at night karena berlokasi di bawah tempat nongkrong anak gaul Bandung. Tapi, suara musik berhenti pas midnight kok.
2. Parkirannya sempit. Tapi untungnya ada valet, jadi kita tinggal ninggalin kunci mobil, dan semua akan diurus oleh petugas valet di sana.




The Silk at Dago Boutique Hotel
Jl. Ir. H. Djuanda No. 392-394 , Dago

9. Triple Seven (PERNAH)
Triple Seven bisa jadi jawaban sempurna buat lo yang pengen nginep di hotel bagus, tapi harga murah. But there’s a catch. Lokasinya agak ngga terlalu prima ya, deket bandara. Jadi mungkin ada resiko bising ketika pesawat lepas landas atau baru tiba. Dengan kamar yang ga gede-gede amat (cuma 15sqm), Triple Seven memberikan design vintage-retro dan agak gelap (kalo dari gambarnya), cocok buat lo yang demen gelap-gelapan #lah.

UPDATE:
Ternyata hotelnya ngga selucu yang ada di gambar. Area lobby-nya menarik, tapi kamarnya ternyata biasa saja. Ngga semua kamar lucu. Kalo mau yang lucu, harganya lebih mahal.



Triple Seven Hotel
Jalan Pesantren Wetan No. 20, Pajajaran, Bandung Airport

10. Stevie G (PERNAH)
Stevie G adalah hotel pertama yang gue inepin sejak mulai rutin ke Bandung tahun lalu. Hotel ini punya kamar dengan design yang berbeda-beda, sama seperti Oliver’s dan Cottonwood. Tapi kalau Oliver’s dan Cottonwood lebih kalem, maka Stevie G terasa lebih “berani”. Ya ga heran juga sih, nama hotelnya aja mirip nama pemain bola favorit gue. Di luar dari design-nya yang oke dan posisinya yang “satu komplek” sama Maja House yang ngehits itu, gue ngerasa Stevie G agak overpriced dibanding dengan kenyamanan yang gue dapet, apalagi dibandingin dengan hotel-hotel lain yang pernah gue inepin juga di Bandung. But nevertheless, it's still worth to try karena pemandangannya kece punya.




Stevie G Hotel
Jl. Sersan Bajuri 72, Cihideung

UPDATE

11. Tama Boutique Hotel
Tau hotel ini dari temen gue, dan dia bilang hotelnya lucu dan kamarnya besar. Berlokasi di daerah Pasirkaliki, pemilik hotel ini adalah restoran Bornga, yang juga punya cabang persis di bawah hotelnya. Jadi, tema hotelnya pun Korea-Korea-an gitu deh. Desainnya simpel, tapi elegan sih menurut gue. Baru buka sekitar bulan April 2016 kayaknya, per malamnya hotel ini mematok harga sekitar Rp 500.000an.




Tama Boutique Hotel
Jalan Dr. Rajiman No.5

12. Beehive Boutique Hotel
Berawal dari cafe, Beehive sekarang juga bikin hotel lucu, yay! Baru soft opening di bulan Juli 2016 kemarin, Beehive punya 29 kamar yang memiliki tema berbeda-beda. Selain kamar deluxe, ada juga family room yang muat hingga 4 orang, dan juga rooftop room yang jendelanya lucuuuu banget! Harga deluxe room dan rooftop room-nya sekitar 500-600ribu, sementara untuk family room-nya sekitar 900ribu.



Beehive Boutique Hotel
Dayang Sumbi no 1, Dago

Jadi, mau nyobain (atau udah nyobain) hotel yang mana aja nih, guys?

Share:

12 comments

  1. Thanks for info and share, Jadi tau option tempat penginapan klo ke Bandung.

    ReplyDelete
  2. kenapa aku langsung jatuh cinta ma sayana ya..

    semoga bisa maen kesana kelak.

    salam kenal kak.
    www.bukanrastaman.com

    ReplyDelete
  3. Kania apa kabar ? masih inget aku ?

    widi_Cursor media

    ReplyDelete
  4. Ku biasa di Silk Dago... udah 3x di situ mulu. Sempet nyobain kamar grand suite-nya yang emang pewe. Biarpun suka berisik malem Jumat dan Sabtu-nya, tapi gua betah gegara kasur dan lokasinya. Belum pernah nyobain yang lain, tapi kayaknya yang Beehive rooftop room menarik yhaaa *ga boleh ke situ sama yang bisa lihat setan*

    ReplyDelete
  5. Wiih, menarik seakali pilihan hotelnya, keren! :)

    ReplyDelete
  6. Beehive lucu banget yaa..selallu kepengen sleeping in the attic room kayak gtu

    ReplyDelete
  7. hay semuanya aku mau kenalin nih service IPHONE,MACBOOK,IWATCH DLL yuu langsung saja kunjungiJASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    ReplyDelete
  8. wah  saya terinspirasi setelah baca tulisan tentang bandung ini. terimakasih ya

    ReplyDelete