Tips: Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah


Entah sejak kapan persisnya, tapi belakangan, banyak orang yang sering "berkonsultasi" ke gue tentang harga tiket pesawat, seolah-olah gue travel agent atau bahkan orang airline-nya yang bertanggung jawab terhadap harga pesawat. Banyak temen gue yang bertanya ke gue, "ke sini segini murah ngga, Kan?" Atau "gue mending beli sekarang atau nanti ya?", atau "kapan sih airline ada promo lagi?" - Beberapa bahkan langsung minta gue untuk nyariin tiket pesawat untuk mereka.

Well, semua ini sebetulnya bermula dari awal 2013, ketika gue handle salah satu LCC di kantor gue. Dari situ, bukan cuma gue jadi seneng jalan-jalan, tapi gue juga jadi cukup paham tentang dunia per-tiket-pesawat-an karena gue harus mantau kompetitor. Dan dari situ lah gue jadi mempelajari pattern-nya airline-airline tersebut. Gue jadi tau cara dapetin tiket pesawat murah, kapan airline itu promo, dll, makanya gue bisa jalan-jalan ke banyak tempat taun lalu.

Dan sekarang, gue mau berbagi tips buat kalian, tentang cara mendapatkan tiket pesawat murah. Mau?

Oh iya, sebelumnya, please note kalau tips yang gue share di sini adalah tips mendapatkan tiket murah untuk tiket normal (non-promo) ya. Karena namanya promo ya emang murah aje. Dan tips ini juga hanya berlaku untuk kalian yang mencari tiket untuk flexible dates, kalau fixed dates, my tips won't do you magic.

***

Sebelum bikin post ini, tentunya gue udah sempet meng-google keyword "cara mendapatkan tiket pesawat murah" dong, untuk tau "pasar" gue; seberapa banyak info yang ada dan apa saja yang mereka share, untuk kemudian gue menilai kembali apa yang akan gue share ini apakah cukup berharga atau tidak, dan tentunya apakah berbeda atau tidak dengan tips mendapatkan tiket pesawat murah yang diberikan orang lain. 

Nah, dari hasil penelitian singkat gue, gue menemukan beberapa kesamaan tips mendapatkan tiket pesawat murah antar satu artikel dan artikel lainnya. Ada beberapa yang memang sama dengan apa yang akan gw share, tapi ada juga yang berbeda (malah kontradiktif) dan tentunya baru.

The best time to get a cheap ticket price is when they're cheap
Satu yang paling banyak gue temui adalah soal "kapan sebetulnya waktu membeli tiket terbaik untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga termurah". Dan sebagian besar artikel yang gue baca menyarankan bahwa waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat dengan harga yang murah adalah "jauh-jauh hari (2-3 bulan sebelum jadwal keberangkatan". I tell you what: that's not entirely true. The best time to get a cheap ticket price is when they're cheap. The question is: when is that?

Dari hasil observasi gue, beli jauh-jauh hari (dua atau tiga bulan sebelum keberangkatan) itu ngga ngaruh banyak. Karena gue sering menemukan bahwa beli tiket seminggu atau bahkan dua hari sebelum keberangkatan itu lebih murah (gue ga berani beli H-1 atau H-day, takut keabisan tiket). Contohnya, gue pernah beli tiket dua hari sebelum keberangkatan, pas musim lebaran pula, ke Bali pula, dan gue cuma kena 800rb untuk pulang pergi. Murah ngga? Murah banget untuk ukuran lebaran. Contoh lain, gue dapet harga 600rb pp untuk ke Singapore, hanya sehari sebelum tanggal yang gue pilih. Murah atau mahal?

Di sini, gue mempelajari trennya. Gue sadar bahwa kapan kita beli tiket itu the 3nd most important thing. The 1st most important thing adalah: ke mana tujuan lo dan berlanjut ke the 2nd most important thing: berapa banyak airlines yang melayani rute tersebut.

Kalau rute yang lo pilih adalah rute yang banyak dilayani airline (misal: Singapore, Kuala Lumpur, Bali, Jogja, Surabaya, dll), lo harus pinter-pinter baca harga, karena harganya fluktuatif banget, jadi kalo lo nemu satu harga yang lo rasa udah paling murah dan ga bakal bisa turun lagi, maka beli tiket itu saat itu juga. 

Tapi kalo rute yang lo pilih adalah rute yang ngga dilayani oleh LCC atau hanya sedikit airline yang melayani (misal: Banjarmasin, Labuan Bajo, Belitung, Aceh, dll), maka mau lo beli dua bulan, sebulan, atau bahkan seminggu sebelumnya ngga akan ngaruh banyak, karena mereka akan menerapkan year-round fare yang more or less will be the same throughout the year.

Tapi selain itu, tentunya faktor "kapan" lo pingin berangkat dan pulang juga berpengaruh dong untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah..

The cheapest days
Weekends, long weekends, holiday season are always expensive. Jadi coba cari liburan di musim non-liburan dan di weekdays. Cheapest days biasanya kombinasi antara: Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, ataupun berangkat di Sabtu/Minggu dan pulangnya di hari Selasa-Jumat. Tapi kalau kombinasi hari yang kalian pilih adalah Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, Sabtu-Senin, jangan harap dapat tiket murah ya :)

The cheapest dates
Hal lain yang gue temukan dari hasil observasi gue adalah soal tanggal termurah. Biar weekend ataupun weekdays, harganya pun beda-beda tergantung tanggalnya. Dan gue memperhatikan bahwa di tanggal 20an, harga tiket cenderung lebih murah dibanding awal bulan atau di tanggal belasan. Asumsi gue, mungkin karena tanggal 20an adalah tanggal tua dan dompet lagi tipis-tipisnya kali ya, jadi kemungkinan orang jalan-jalan di tanggal itu tuh dikit, sehingga airline-airline ini "berbaik hati" ngasih harga murah biar kursi mereka terisi gitu..

The cheapest months
Bukan cuma hari dan tanggal, bulan pun berpengaruh kepada harga tiket. As we all know, akhir tahun, pas lebaran, dan pas libur anak sekolah tentunya adalah bulan-bulan termahal, karena itu adalah holiday season. Tapi, bulan-bulan lain juga bukannya jadi murah.. Sepengamatan gue, bulan termurah adalah di bulan September-November dan di bulan Februari-April.


The airline
Hal lain yang harus diperhatikan adalah airline-nya. Kecenderungannya, harga LCC lebih murah kalau dipesan dari jauh-jauh hari dan meningkat drastis kalau kita pesan dekat-dekat. Sementara harga airline full service, seperti yang gue bilang di poin sebelumnya, punya year-round fare yang more or less the same throughout the year, dan kadang malah bisa lebih murah kalau kita beli dekat-dekat hari keberangkatan. Coba deh misalnya, iseng-iseng cek harga tiket pesawat Garuda di H-1, H-2, H-3, H-7, H-14, H-30, atau bahkan lebih jauh lagi sebelum keberangkatan, dan bandingin harganya.

Kalo lo berencana naik Lion Air, sering-sering pantau harganya. Sepengalaman gue, Lion Air adalah salah satu airline yang harganya sering banget berubah-ubah, seenggaknya sehari dia bisa 2-3x ganti harga. Tapi trennya kebaca banget. Muter-muter di situ-situ aja sih range harganya, tapi dia mainin di jam terbang (flight) dan jam dia rilis harganya. Kalo misalnya flight inceran lo tiba-tiba harganya naik, jangan terburu-buru beli takut harganya naik lagi. Tungguin aja.. Biasanya, malemnya harganya akan turun lagi.. :p Tapi kalo udah berapa kali main di harga itu, terus ada flight lain yang harganya naik, baru siap-siap beli, karena range harga yang akan dimainkan pasti berubah (jadi lebih tinggi).

Pelajari tren promo airline
Like fanpage mereka, follow twitter mereka, langganan newsletter mereka. Pelajari trennya. Pelajari kapan airline-airline itu mengeluarkan promo, dan seperti apa promonya. Dari situ, lo jadi akan tau, ketika lo ketemu tiket dengan harga murah, lo bisa menimbang-nimbang, apakah ini saat yang tepat untuk beli tiketnya, atau lebih baik lo beli pas promo aja karena sebentar lagi airline itu akan ada promo? 

Seperti misalnya Air Asia, promo gede-gedeannya hanya setahun 2x, biasanya tiap September dan di awal tahun (Februari/Maret). Promo Air Asia yang lain ga usah dibaca atau ga usah dilirik, harganya ngga bener-bener promo. Sementara Tigerair Mandala, dia promo hampir seminggu atau dua minggu sekali, dan promo besar-besarannya itu biasanya berupa "buy 1 get 1 free" atau "return for free".

Know the average and lowest benchmark
Dari hasil observasi dan pembelajaran itu tadi, kalian akan tahu, apakah harga yang kalian dapatkan adalah harga termurah, atau kalian mungkin mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Dan ini bisa didapat dari hasil rajin-rajin liat harga, baik ketika mereka promo maupun tidak.

***

To sum it up for you: learn the trend. Only by that you'll get the cheapest ticket.

Nyari tiket pesawat murah itu butuh ketelatenan dan ketelitian. Jangan buru-buru beli kalo emang ngga urgent, dan perhatikan detail pembayaran tiket (terutama kalau naik LCC), make sure un-check yang kalian ngga perlu untuk menghindari adanya biaya tambahan. Teliti dan telaten, pasti dapet harga tiket pesawat termurah deh. ;)

Selain itu, saran gue adalah: pakai Skyscanner buat bantu lo cari tau harga tiket termurah. Kalo belum tau Skyscanner itu apa, baca di sini. It will help you a lot. Trust me. :)

So, gimana, udah siap dapat tiket murah walau ngga lagi promo kan? ;)

Share:

55 comments

  1. Waktu handle project-nya S*msung yang di Bali, mereka kan minta pakai AA tuh, aku beliin tiketnya sekitar 1,2 juta per sekali jalan (2 minggu sebelumnya). Dan tahu ga, aku sendiri baru beli tiket H-1 keberangkatan naik GA dengan fare 1 juta sekali jalan. Sementara harga Lion Air dan Sriwijaya saat aku mau pesen itu 900an dan si AA udah 1,5 juta.

    Untuk berangkat mendadak, harga maskapai non LCC itu lebih reasonable, cenderung ga fluktuatif gila2an kayak LCC. Eh tapi, si GA yang aku naikin itu sampai Bali malam sih, which is bukan waktu tiba bagi sebagian besar orang, makanya murah. x)))

    Soal Lion Air, harga dia relatif stabil. Waktu ke Derawan (via Tarakan), temenku beli tiket 1 bulan sebelumnya itu 700ribu, eh pas hari H dia kejebak macet dan ketinggalan pesawat. Karena udah tanggung, dia beli lagi tuh tiket buat next flight dengan harga yang sama waktu dia beli di awal. Beda lagi sama Wings Air, beli dari jauh hari udah pasti murah, ketimbang deket2, karena kapasitas kursi sedikit dan rutenya pun jarang. Soal Lion Air dan Wings Air, jangan berharap ada promo deh, mereka ga butuh bikin promo untuk bikin orang naik pesawatnya, Hebat yak? :D

    O, ya! Murah itu juga banyak persepsi, ga cuma soal harga, tapi mesti dilihat dari fasilitas. Kita ambil contohku di awal kenapa aku pilih naik GA dengan harga 1 juta dibanding Lion / Sriwijaya yang cuma 900 ribuan. GA dengan 1 juta udah include makan berat dan airport tax (belum ditambah aku punya GF Gold jadi bisa nunggu di lounge dengan gratis), sementara Sriwijawaya dan Lion ga include airport tax, berarti ada biaya "tambahan" lagi. Alhasil, GA dengan harga yang lebih tinggi 50-100 ribu, tetap aja jadi murah dibanding Lion dan Sriwijaya.

    Menurutku sih begitu, ga tahu deh kalau menurut Mas Anang dan Mas Dhani. x)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Anang dan Mas Dhani juga sependapat kok :))

      Delete
    2. Mbak....
      bantin cari tiket lebaran yg murah ke bali donk.....

      Delete
    3. Halo Mbak Yuly,

      Coba pakai Skyscanner yuk, nanti bisa kelihatan range harga di periode yg Mbak mau, dan dari situ Mbak bisa pilih harga termurah.. :)

      Selain itu, coba praktekkan juga tips yg saya share di atas yuk, yaitu dengan memperhatikan tren harga tiket pesawat, jadi Mbak Yuly bisa tau kapan waktu yang tepat untuk membeli tiket dan mendapatkan harga termurah..

      Selamat mencoba! :)

      Delete
  2. Mantap akhirnya dapat ilmu baru...thanks a lot kania...good share...👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama! :)
      Terima kasih juga telah mampir ke blog dan membaca..
      Semoga membantu :)

      Delete
  3. Satu lagi tips untuk beli tiket LCC, perhatikan biasanya pada setiap awal bulan akan review dan mereka turunin harganya kalau ternyata seatnya belum penuh2 amat. Gua udah berkali kali beli tiket Lion Air JKT-SG di tanggal 1 awal bulan at bottom price, padahal beberapa jam sebelumnya harganya sejutaan lebih. Dan sering juga dapetin last minute ticket di harga bawah, dengan catatan emang tidak peak season.

    Suka berantem ama orang yang nganjurin "beli tiket jauh2 hari biar murah", which is bullshit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa dicoba nih lain kali.. Makasih sharing-nya! :)

      Delete
  4. thanks kania informasinya. gua doain masuk surga hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn.. Makasih juga udah mampir dan baca yaa :D

      Delete
  5. Replies
    1. Terima kasih.. Senang bisa membantu :)

      Delete
  6. Replies
    1. Terima kasih.. Senang bisa membantu :)

      Delete
  7. Wah! Kebetulan saya lagi cari-cari tiket murah, nemu tips di artikel ini. Terimakasih mbak sharing-nya. :)

    ReplyDelete
  8. kania, udh pernah traveling ke thailand blm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jane, udah, tapi duluuuuuuuuuuu sekali. Dan tahun depan akan sekali lagi, hehe. Ada niatan untuk keliling Thailand sih, tapi belum tau kapan - Kenapa, Jane? :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. hallo mba Jane dan mba Kania, salam kenal saya Rey dari Sentosa Wisata
      kebetulan ngomong soal Thailand saya ada paketnya, coba deh klik => Paket Tour Bangkok Pattaya 4 hari 3 malam

      mungkin bisa dibaca2 dulu sebagai referensi :)

      Delete
  9. wah tips yg sangat berguna sekali, kalo saya si lebih suka pake mesin pencari tiket murah contohnya di sini Pencari Tiket Promo Murah

    ReplyDelete
  10. Mending jadi member bisa dapat tiket pesawat murah dan banyak keuntungan lainya . Sambil bisnis banyak cash back kalo saya sih ..

    ReplyDelete
  11. Mbak, saya mau berangkat ke singapore 25 desember 2014 ini atw 24 nya, mending beli tiket dari sekarang atw h-1nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas/Mbak, kalo menurut saya sih lebih baik sekarang, karena tanggal 24/25 Desember itu peak season banget. Kita bukan cuma ngomongin harga doang di tanggal itu, tapi availability tiketnya, karena pasti banyak banget yg pergi di tanggal itu. Takutnya kalo beli H-1 malah ga kebagian tiket :D

      Delete
  12. Nice info...sangat bermanfaat untuk guidance dapat tiket murah. Ditunggu informasi dan tips selanjutnya. Salam. Junianto di Jogja

    ReplyDelete
  13. Hi kania.. aku mau minta pendapat ya. Tanggal 12-17 maret aku rencana ke jepang, tapi harganya naik turun terus jadi bingung.. waktu itu aku udah nemu harga air asia paling murah di angka 4jtan, tapi aku fikir masih bisa turun lagi, ternyata sekarang malah naik jadi hampir 7jtan :( menurut kamu aku harus belinya kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Shelda, wah udah sebentar lagi ya. Kemarin 4jt sih udah murah banget, mestinya kemarin beli tuh, hehe. Karena pasaran ke Jepang kan memang 6-7jt an kalo ga salah ya. jadi menurut saya sih beli sekarang aja ya kalau udah dapet harga segitu. soalnya ini udah bulan Feb dan kamu akan berangkat bulan depan kan, hehe.

      Delete
  14. Iya sih.. tapi kira kira ada lagi ga ya harga yang 4 jutaan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cari beberapa alternatif keberangkatan dari kota lain, misal: Singapore atau Kuala Lumpur. :)

      Delete
  15. Sore kak,,,
    Saya mau pesan tiket ke padang buat lebaran bulan juli..
    Kira2 bagusnya beli skrg apa gimana ya???
    Bingung, maunya si yg dbawah 1 jt, PP 2 jt lah ... hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Besta, kalau lebaran sih better dari jauh-jauh hari ya, haha. Karena ini bukan cuma soal harga, tapi availability tiket juga, berhubung banyak orang bakal pulang kampung, jadi sebaiknya beli selagi orang-orang belum beli. Karena kalo jumlah tiket sudah semakin sedikit, maka airline bisa ngasih harga lebih mahal lagi. Kalau untuk 2jt pp rasanya sih masih dapet ya, hehe. Coba cek lewat www.skyscanner.co.id deh untuk dapetin harga termurahnya :)

      Delete
  16. hi kania, sy sdg cari tiket utk lebaran (h-7) PNK-BDO nontransit.
    apakah rute ini termasuk yg airlinenya sedikit? dengan harga 1jt apakah termasuk murah atau mahal? sebaiknya beli sekarang atau nunggu harganya turun lagi? trimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Munawar,
      Rutenya rute dengan airline dikit banget tuh. Menurut saya sih beli aja sekarang, karena barusan coba cek di Skyscanner, harganya lebih tinggi dari itu. Jadi kalau bisa dapat 1jt sih menurut saya oke ya. Dan kalau untuk lebaran, sebaiknya beli dari jauh-jauh hari, karena takutnya malah kehabisan kursi :D

      Delete
  17. Halo, Kak Kania! I'm looking for one-way ticket from Surabaya to Makassar via Skyscanner. For 1-10 July and the price Rp. 600.000. What do you think? Because my friends got Rp. 780.000 for return ticket, they bought in February.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Tutur, maaf banget baru jawab sekarang, baru lihat kalau ternyata ada komen baru, euy. Moga-moga aku belum telat bacanya ya.. UNtuk bulan Juli harga memang bener-bener meningkat, bahkan bisa 2x lipat dari harga standar. Saranku kalau memang kamu harus pergi di tanggal segitu, lebih baik beli saja, karena semakin mendekati hari H, kayaknya harga udah ngga mungkin turun lagi deh. Your friend was very lucky, mereka pasti beli pas promo ya kalau bisa dapat harga segitu? Karena aku perhatikan harga tiket pesawat sekarang meningkat jauh dibanding 1 atau 2 tahun yang lalu, euy. Jadi kalau harga 1-1.2jt PP menurutku sih udah normal sekali ya kalau sekarang. Semoga membantu! :)

      Delete
  18. makasih ilmu nya, biar bisa jalan-jalan terus tapi budget stabil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa membantu :) Terima kasih sudah mampir ke blog ku! :)

      Delete
  19. sangat bermanfaat. thanks kania kismadi :)

    ReplyDelete
  20. hai kaka' bingung nih mau cari tiket buat tgl 4 oktober from singapore to surabaya, aq pantau 2 minggu ini rata" disekitaran harga 800rb an enak nya pesan sekarang atau nunggu lagi ya, klau tiket brangkat udah dpt 300rb . thanks sebelunmya :D

    ReplyDelete
  21. Infonya mantap.
    http://www.perwiratiket.com/2015/05/mengapa-harga-tiket-pesawat-naik-turun.html

    ReplyDelete
  22. Kalau di LCC beli via website (manapun), jika anda terbang berombongan (mis. beremapt), jangan sekaligus minta 4 karena pasti mahal, ketika total harga dibagi 4 dibanding dengan mengisi 1. Cara terbaik buka website tsb dalam 4 windows dan search bersamaan, pasti keempat windowsnya akan menunjukan harga yang sama.....lalu klik simultaneously.... :-)

    ReplyDelete
  23. diskon tiket citilink 75 ribu khusus 4 hari (21 - 24 september 2015) dengan memasukan kode CITILINK75 ke http://www.pegipegi.com/tiket-pesawat/?affid=AFF13459

    ReplyDelete
  24. Mba kania...trima kasih udah share tipsnya...sangat bermanfaat loh mba

    ReplyDelete
  25. Nice For U, Dont Forget Me.. And Yu See My Web - Regards :
    obat kuat viagra
    obat viagra
    viagra asli
    beli viagra
    http://viagra-id.com/obat-kuat/distributor-harga-obat-kuat-viagra/

    ReplyDelete
  26. Makasih mbak atas infonya ... kebetulan cari2 ini info cara mendapatkan tiket murah

    ReplyDelete
  27. Terima kasih buat INFO PROMO yang cukup lengkap ini. Salam kenal dari admin INFO SEKOLAH DAN PENDIDIKAN buat semua pengunjung laman ini.

    ReplyDelete
  28. MAU MUDIK,TAPI SUSAH CARI TIKET YANG MURAH...!!!!!
    JANGAN KUWATIR SEKARAN TELAH DI BUKA TIKE YANG PALING MURAH
    DISKON 25% DARI HARGA STANDAR,BERLAKU DI SETIAP MASKAPAI LAGI...WAOOOU. PENASARAN...???
    CARANYA GAMPANG CUKUP BUKA BLOGNYA DI >>> Travelajengfitri.blogspot.com
    TIKET MURAH PROMO SAMPAI 17 JULI 2016.
    BUAT YANG MINAT PESAN SEKARANG JUGA,CARANYA HUBUNGI DI NOMOR 0812-14791541.

    ReplyDelete
  29. Baru dari selltiket.com, untuk semua agen selain anda bisa menjual tiket pesawat dan tiket kereta api sekarang anda juga dapat melakukan pembayaran : PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom, pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

    ReplyDelete